MAHASISWA AFI BERTANDANG KE JAMAAH TAREKATUL MUHAMMADIYAH WA HAKIKATUL MUHAMMADIYAH DI MAROS

  • 12 November 2019
  • 11:43 WITA
  • Administrator
  • Berita

Maros – Bersama Dosennya, mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) UIN Alauddin Makassar mengunjungi jamaah Tarekatul Muhammadiyah wa Hakikatul Muhammadiyah di Maros pada hari Senin (21/09/2019). Kunjungan ini dalam rangka memperoleh pemahaman yang lebih terang tentang ajaran tarekat ini secara langsung dari pimpinannya.

Sekitar seratus mahasiswa dari empat kelas dan empat orang dosen AFI  yang berangkat dalam kunjungan tersebut. Menurut Dr. Hj. Darmawati Hanafi, M.HI. salah satu dosen yang ikut dalam rombongan yang juga merupakan Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin, menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa semester VII yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinrekasi langsung dengan penganut Tarekat yang secara teoritik mereka sudah peroleh di bangku kuliah.

Mahasiswa yang ikut dalam kunjungan tersebut merasa senang karena dapat berdialog langsung dengan Mursyid (pemimpin) Tarekat tersebut, sehingga ia dapat mengkonfirmasi pemahamannya tentang ajaran tarekat ini yang diperolehnya di ruang perkulihan.

“Dengan kunjungan ini, kita dapat tau pemahaman ajaran Tarekat, karena kita bisa langsung berdioalog. Ini menghindarkan kita mispersepsi atasnya yang karenanya bisa menyebabkan labelling yang salah tehadapnya”, pungkas Herman, ketua rombongan mahasiswa.”

Pimpinan Tarekat Jamaan Muhammadiyah, Mun’im, S.Ag., Musyid ke 13, merasa gembira dan bahagia mendapat kunjungan warga kampus. Karena menurutnya, dengan begitu ia dapat memberikan informasi tentang ajarannya. (Humas AFI)